Mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak ternyata sangat beragam dan salah satunya memberikan makanan bernutrisi. Makanan yang dimakan oleh anak kita akan diolah tubuh si kecil menjadi sumber energi yang membantu masa pertumbuhan fisiknya. Energi ini juga akan membantu tubuh si kecil tetap kuat dan lebih berkonsentrasi dalam menikmati kegiatan hariannya. karena pentingnya memilih makanan sehat dan bernutrisi seimbang kadang anak-anak susah sekali diajak makan, apalagi anak saya yang susah-susah gampang jika disuruh makan.

Penyebab anak susah atau kurang nafsu untuk menyantap makanan bernutrisi bisa disebabkan oleh masa pertumbuhan mereka misalnya seperti anak saya yang masih kecil dia sedang tumbuh gigi, bisa juga disebabkan makanan yang kurang enak di lidah anak, atau karena anak menderita suatu penyakit. Ibu harus tahu apa penyebabnya. Karena jika nafsu makan anak menurun disebabkan oleh penyakit, bisa diobati dengan tepat sesuai dengan anjuran dokter yang menanganinya.

Namun, apabila tubuh anak bebas dari penyakit dan sulit untuk diajak makan, ada beberapa contoh yang saya sering lakukan dirumah untuk  membuat anak nafsu makan:

1. Sediakan Makanan Kesukaannya

Bertanya kepada anak makanan apa yang disukai untuk memicu nafsu makannya. pancing dengan makanan apapun entah itu asam, pedas, manis. Daripada anak tidak memakan apapun dan malah membuatnya mogok makan. dengan memberikan makanan yang dia suka itu akan membantu nafsu makan anak kembali lagi.

2. Kreasikan Makanan dengan Bentuk Menarik

Ini yang sering saya lakukan untuk anak saya, dengan memberikan kreasi makanan dengan bentuk yang menarik akan membantu anak nafsu makan juga lho. Tidak perlu berburu resep makanan asing, cukup berikan tampilan yang tidak biasa pada masakan yang sehari-hari dibuat. Misal mengolah daging menjadi sosis ataupun bakso, membuat kreasi nasi bento dari karakter hewan, dan lain sebagainya. Tampilan makanan yang menarik dan lucu bisa membantu menaikkan nafsu makan anak.