Selama masa kehamilan, wajib bagi ibu hamil untuk selalu memperhatikan kesehatan tubuh dan janinnya. Mengkonsumsi makanan bergizi selama kehamilan serta meminum susu kehamilan menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Selain itu melakukan olahraga kecil-kecilan, seperti senam hamil juga bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Senam hamil sendiri merupakan senam dengan gerakan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kehamilan yang mana sangat berbeda jauh dari gerakan senam pada umumnya.

Baca juga : Penyakit yang Bisa Di Alami Oleh Ibu Hamil

Di zaman yang semakin maju ini, senam hamil sudah mulai banyak dilakukan oleh para ibu-ibu hamil. Tujuan utama senam hamil untuk menyehatkan ibu hamil serta memperlancar proses persalinan dengan memberikan latihan pada otot-otot dan bagian tubuh yang nantinya berperan dalam proses persalinan. Sehingga diharapkan nantinya ibu hamil bisa melakukan persalinan secara normal dengan lancar. Beberapa ibu hamil terkadang mengikuti senam hamil hanya sekedar mengikuti tren saja tanpa mengetahui manfaat yang sesungguhnya. Mau tau apa aja manfaat senam hamil, berikut manfaatnya :

1. Menaikkan energi.

Saat hamil, tubuh biasanya menjadi cepat lelah. Senam hamil akan menguatkan sistem peredaran darah sehingga ibu hamil tidak cepat lelah. Otot yang kuat dan berisi karena efek senam hamil akan membuat ibu hamil lebih mudah melakukan segala aktivitas tanpa harus berusaha lebih.

2. Tidur lebih berkualitas.

Sangat mengandung dengan bobot perut yang semakin membesar, membuat ibu hamil susah untuk bergerak saat tidur. Sehingga berpengaruh juga pada posisi tidur. Seringnya ibu hamil susah untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan senam hamil akan membantu melepaskan banyak energi. Sehingga di malam hari menjelang tidur, ibu-ibu yang sudah cukup lelah akan tidur lebih nyenyak dari biasanya.

3. Mengurangi resiko komplikasi kehamilan.

Melakukan senam hamil dengan rutin 4x dalam seminggu akan berdampak baik bagi kandungan, seperti gula darah dalam tubuh menjadi normal. Selain itu juga mengurangi resiko operasi caesar karena adanya komplikasi kehamilan.

4. Mengurangi ketidaknyamanan selama hamil.

Senam hamil bisa meregangkan dan memperkuat otot tubuh. Sehingga tubuh mampu menerima rasa sakit di masa kehamilan dengan baik. Gerakan stretching dalam senam hamil mampu meredakan sakit pinggang, gerakan berjalan bisa memperbaiki sirkulasi darah, dlsb. Semua gerakan tersebut sangat berguna saat kehamilan hingga proses persalinan nanti.

5. Memperbaiki suasana hati.

Rasa marah, sensitif, dan depresi biasanya mudah menyerang ibu hamil. Bahkan menjelang kelahiran tiba, ibu hamil cenderung mengalami kecemasan. Senam hamil dipercaya dapat mengurangi depresi karena memicu pelepasan endorphin yang memperbaiki suasana hati dan menghilangkan kecemasan berlebihan.

6. Mempermudah persalinan.

Persalinan membutuhkan stamina dan fokus yang besar. Senam hamil dinilai mampu mempermudah dan mempersingkat waktu persalinan.

7. Mengurangi kelainan persalinan.

Senam hamil 3x seminggu bisa mengurangi kemungkinan melahirkan bayi makrosomik, yaitu bayi dengan bobot lahir melebihi 4,5 kg. Sebab bayi yang lebih berat akan beresiko mengalami kelainan persalinan pada bayi dan ibunya.