Sistem kekebalan tubuh melakukan pekerjaan luar biasa untuk mempertahankan melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Tetapi kadang gagal akibat dari adanya Kuman yang menyerang tubuh lebih berhasil dan membuat sakit. Untuk meningkatkan kekebalan memang menarik, tetapi kemampuan untuk melakukannya telah terbukti sulit dipahami karena beberapa alasan.

Sistem kekebalan bukan satu kesatuan, agar berfungsi dengan baik, tubuh akan membutuhkan keseimbangan dan harmoni. Untuk saat ini, tidak ada hubungan langsung yang terbukti secara ilmiah antara gaya hidup dan peningkatan fungsi kekebalan. Akan tetapi itu tidak berarti efek gaya hidup pada sistem kekebalan tidak menarik dan tidak boleh dipelajari. Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh yaitu sebagai berikut ini:

  1. Kekebalan dalam aksi.

Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat mengalahkan patogen yang menyerang seperti yang ditunjukkan di atas, di mana dua bakteri yang menyebabkan gonore tidak cocok untuk fagosit besar, yang disebut neutrofil, yang menelan dan membunuh mereka.

2. Adopsi strategi hidup sehat.

Garis pertahanan pertama adalah memilih gaya hidup sehat. Mengikuti pedoman kesehatan umum yang baik adalah satu langkah terbaik yang dapat diambil untuk menjaga sistem kekebalan secara alamiah kuat dan sehat. Setiap bagian dari tubuh, termasuk sistem kekebalan.

3. Menjadi skeptis.

Untuk meningkatkan jumlah sel dalam tubuh atau yang lain, maka dapat dengan melakukannya sebagai atlet yang terlibat dalam “doping darah”, cara ini dapat memompa darah ke dalam sistem mereka untuk meningkatkan jumlah sel darah dan meningkatkan kinerja untuk mencegah resiko stroke.

4. Umur dan kekebalan.

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan respons imun menjadi berkurang, yang pada gilirannya berkontribusi lebih banyak infeksi dan lebih banyak kanker. Karena harapan hidup di negara-negara maju telah meningkat, begitu juga dengan insiden kondisi yang berkaitan dengan usia.

Sementara beberapa orang usia sehat dibandingkan dengan orang yang lebih muda, orang tua lebih cenderung terkena penyakit menular bahkan lebih mungkin untuk mati. Infeksi pernafasan, influenza, dan khususnya pneumonia adalah penyebab utama kematian pada orang di seluruh dunia. Tidak ada yang tahu pasti mengapa ini terjadi.

Sebagai manusia, tentunya ingin hidup sehat dan terhindarkan dari yang namanya penyakit, oleh sebab itulah penting untuk menjaga kekebalan tubuh dengan sebaik mungkin agar terhindarkan dari segala jenis penyakit dan kesehatanpun dapat terjaga dengan baik. Jika belum mengetahuinya, maka dapat untuk mengintip pada beberapa tips yang ada di atas yang akan membantu diri agar bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan sebaik mungkin.