Bau badan merupakan sebuah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, utamanya adalah mereka yang sudah memasuki usia puber, dimana memang keringat sudah mulai diproduksi jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Sering kali juga hal ini menyebabkan bakteri berkembang biak di beberapa bagian tubuh yang lembab tersebut, sehingga menyebabkan aroma yang kurang sedap. Meskipun terbilang hal yang biasa, nyatanya banyak yang merasa kurang percaya diri dengan bau badan tersebut.

Karena menganggu rasa percaya diri maka berbagai macam solusi dicoba untuk menghilangkannya, mulai diantaranya adalah dengan menggunakan deodorant, mandi lebih sering dan menggunakan parfum. Namun bahwa sebenarnya penyebab terjadinya bau badan ini adalah bisa jadi oleh makanan yang dikonsumsi setiap hari. Nyatanya memang beberapa jenis makanan tertentu memiliki potensi yang tinggi menyebabkan bau badan, diantaranya adalah:

  1. Rempah-rempah, selain karena aromanya yang sedap, rempah ini juga membuat cita rasa makanan jadi semakin kuat, hingga berkhasiat untuk membuat tubuh menjadi hangat, namun bahwa dengan mengkonsumsi terlalu banyak rempah nyatanya juga dapat memicu aroma tubuh yang kurang sedap. Hal ini dikarenakan dalam proses pencernaannya rempah akan mengeluarkan gas sulfur yang dapat diserap oleh darah dan paru-paru juga dikeluarkan oleh pori-pori kulit.
  2. Daging merah, meskipun nikmat, namun ternyata terlalu banyak konsumsi daging merah akan menyebabkan aroma badan kurang sedap, jika dibandingkan dengan mereka yang lebih gemar dalam mengkonsumsi sayuran.
  3. Alkohol dan kafein, orang-orang baik itu pria maupun wanita yang senang di dalam mengkonsumsi minuman beralkohol hingga kopi maupun teh, dalam jumlah yang tinggi, biasanya akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap dari tubuh mereka, jadi meskipun senang, ada baiknya untuk membatasi asupan yang dikonsumsi oleh tubuh.
  4. Menu makanan siap saji atau junk food, misalnya adalah nugget, sosis dan masih banyak lagi diantaranya, makanan dengan kandungan tepung, minyak, gula dan sejenisnya, menu semacam ini cenderung lebih cepat dalam membusuk di dalam perut, akibatnya nanti membuat bau napas dan juga bau badan jadi lebih menyengat dibandingkan dengan sebelumnya jika terlalu sering mengkonsumsinya junk food.
  5. Produk olahan dari susu, mulai dari susu, kemudian juga olahan susu yang di fermentasi seperti keju, kemudian juga ada yogurt dan sejenisnya, semua jenis makanan ini dapat memicu terbentuknya hidrogen sulfide dan juga metil markaptan yang dapat memicu bau busuk.

Jadi meskipun senang mengkonsumsi beberapa jenis makanan tersebut, agaknya batasi jumlah yang masuk kedalam tubuh, sehingga tidak menyebabkan aroma kurang sedap pada badan. Mengurangi konsumsi bahan makanan tersebut secara efektif dapat menghilangkan bau badan alami.