Teh merupakan minuman rempah-rempah yang menjadi minuman umum di Indonesia. Indonesia sendiri merupakan penghasil teh besar di dunia dimana hasil tehnya bukan hanya dinikmati oleh masyarakat di dalam negeri namun juga ke berbagai penjuru dunia. Bukan hanya karena jumlah teh yang dihasilkan sangatlah banyak namun juga karena beragamnya jenis teh yang merupakan teh asli Indonesia. Berbagai jenis teh ini memiliki rasa dan keunikan tersendiri sehingga dapat mengakomodir selera penikmat teh yang beragam.

Bagi Ibu masyarakat Indonesia, semestinya sudah mencicipi banyak jenis teh asli negeri sendiri. Namun tak jarang, Ibu hanya menikmatinya saja tanpa mengetahui dari mana jenis teh tersebut karena banyaknya jenis teh yang beredar. Sebagai tambahan wawasan, berikut ini adalah beberapa jenis teh asli Indonesia yang kenikmatannya sudah dirasakan oleh masyarakat baik dalam negeri maupun internasional:

  • Indonesian genmaicha Jawa barat.

Merupakan campuran teh hijau asli jawa barat dengan beras yang menjadi cara perpaduan pembuatan teh asli Jepang. Dengan pengolahan tersebut, teh ini memiliki rasa dan aroma beras sangrai yang menggugah selera.

  • Gunpowder green tea.

Masih dari jawa barat, teh hijau ini memiliki bentuk seperti peluru dengan aroma yang khas. Teh hijau jenis ini sangat cocok jika disajikan dengan gula batu dan diberi daun mint untuk penyegar.

  • Jasmine tea oriental java.

Teh khas daerah jawa timur ini memiliki keunikan tersendiri dari cara pembuatannya. Memadukan daun melati ketika proses pembuatan sehingga menjadikan teh ini memiliki aroma daun melati ketika diseduh. Teh jenis ini kini banyak digunakan sebagai minuman komersil.

  • Oolong teh sumatra.

Mengadaptasi cara pembuatan teh olong dari Thailand, teh asli Sumatra ini dijemur dengan durasi waktu lebih pendek sebelum langsung dicabik-cabik untuk dijadikan daun teh pilihan.

  • Silver needles white atau teh putih.

Merupakan teh yang dibuat tanpa proses oksidasi sehingga memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Sifat lainnya adalah memiliki rasa yang ringan dan nikmat jika disedu pada suhu 70 derajat celcius.

  • Teh merah Gunung Halimun.

Merupakan teh asli Jawa barat tepatnya di lereng gunung halimun. Diproses dari teh hitam dengan oksidasi penuh untuk menghilangkan rasa pahit dari rasanya. Dengan aroma yang kuat, jenis teh ini sangat nikmat diseduh dengan air bersuhu 95 derajat celcius.

Itulah beberapa jenis teh asli Indonesia yang memiliki rasa khusus sehingga diminati oleh masyarakat dalam negeri hingga dunia. Teh jenis apa yang menjadi pilihan favorit Ibu sehari-hari? Tak ada salahnya untuk mencoba berbagai jenis teh lainnya untuk menambah ragam rasa teh yang mengisi hari-hari Ibu dan keluarga. Selain nikmat diminum dalam bentuk hangat ataupun dingin, teh juga kaya zat anti oksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

Photo by Kira auf der Heide on Unsplash