Bromelin merupakan sebuah enzim protease yang ada di setiap buah nanas dan termasuk dalam golongan tanaman bromeliaceae. Buah nanas dalam bahasa latin disebut Ananas comosus, umumnya kandungan bromelin tersebut akan terdapat pada bagian batang nanas. Struktur utama dari kandungan tersebut adalah sebuah protease sistein dan selain itu dalam setiap bromelin juga terdapat amilase, asam peroksidase, selulase, dan asam fosfatase dalam jumlah yang berbeda-beda pada setiap buahnya namun cenderung sangat kecil.

Agar dapat menjadi senyawa aktif, bromelin membutuhkan kondisi ruang atau area pada 50 sampai dengan 60 derajat Celcius dan pada pH dengan kisaran 3,0 – 8,0. Bromelin memiliki kemampuan untuk menguraikan struktur kompleks kandungan protein agar lebih mudah diserap tubuh manusia, namun, selain itu, masih ada banyak manfaat lain dari bromelin pada buah nanas bagi kesehatan tubuh yang penting untuk Ibu ketahui, antara lain:

  • Dapat mengurangi terjadinya plak pada bagian arteri dan mencegah pembekuan abnormal darah sehingga baik untuk kesehatan jantung.
  • Gangguan kesehatan seperti kejang otot juga dapat teratasi dengan mudah karena bromelin memiliki kemampuan untuk memecah protein dalam jaringan yang bengkak.
  • Pada beberapa kasus ligamen yang mengalami kerusakan atau robek, kandungan bromlein ini telah terbukti ampuh dalam mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan.
  • Bromelin selama ini juga telah digunakan pada beberapa produk untuk menyembuhkan luka bakar di kulit dan menghilangkan sel kulit mati yang tertinggal.
  • Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bromelin memiliki manfaat penting yaitu untuk mencegah dan menghilangkan aktifitas sel kanker yang dapat membahayakan tubuh Ibu.

Selain terdapat dalam buah nanas, beberapa produsen telah memproduksi dan menyediakan bromelin dalam bentuk suplemen untuk mempermudah konsumsinya. Akan tetapi, jika sampai overdosis suplemen bromelin baik dalam bentuk kapsul atau tablet, maka dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti berikut ini, yaitu:

  • Terjadinya gangguan kesehatan gastrointestinal yang umumnya akan ditandai dengan gejala seperti mual di sertai muntah, diare, gangguan pencernaan, palpitasi, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan.
  • Konsumsi bromelein berlebih juga dapat memicu terjadinya reaksi alergi kulit seperti terjadinya ruam, gatal-gatal dan pembengkakan kulit .
  • Karena bromelin telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah sehingga para penderita kelainan darah sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nanas atau suplemen bromelin.

Perlu Ibu ketahui, semua efek samping konsumsi bromelin berlebih atau overdosis bromelin tersebut dapat dengan mudah terjadi terutama pada orang yang sedang dalam pengobatan herbal seperti bawang putih dan ginkgo biloba.

Itulah ulasan mengenai manfaat dan efek samping kandungan bromelin pada buah nanas untuk kesehatan tubuh yang belum banyak di ketahui orang. Ibu dapat menjadikannya referensi agar dapat menentukan apakah konsumsi buah nanas baik atau tidak untuk kesehatan tubuh Ibu.

 

Photo by Pineapple Supply Co. on Unsplash