Sebentar lagi agama islam akan merayakan hari raya qurban, dimana moment tersebut sangat identik sekali dengan segala bentuk masakan daging. Baik itu daging sapi atau daging kambing bisa disajikan dengan beragam olahan. Tetapi memasak daging itu tidak semudah memasak makanan lainnya, jika salah saja pasti akan mengalami masalah olahan. Satu yang sering menjadi kendala ketika memasak daging adalah kurang empuk. Bumbu yang digunakan sudah baik dan enak tetapi jika daging tidak empuk pasti akan mengurangi kenikmatan.

Bukan hanya pada saat qurban, bagi Ibu yang akan memasak daging ada baiknya mengetahui cara bagaimana supaya dapat empuk. Tidak banyak yang mengetahui memang jika memasak daging itu ada tipsnya. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa saja langkah yang bisa Ibu gunakan untuk membuat daging bisa empuk yaitu:

  • Perhatikan arah memotong.

Empuk atau kerasnya daging ketika dimasak itu ternyata dipengaruhi oleh cara pemotongannya. Jika Ibu memotong dengan serat yang tidak diperhatikan secara baik secara otomatis akan mengurangi keempukan daging. Ada baiknya Ibu memotong daging dengan melawan dari arah urat dan juga serat sehingga bisa membuat lebih mudah dan cepat empuk.

  • Pukul daging.

Usaha kedua yang bisa Ibu gunakan untuk membuat daging lebih empuk yaitu dengan cara memukul-mukul. Cara ini dipercaya bisa melemaskan otot yang ada pada daging sapi sehingga akan lebih mudah empuk dan tekstur lebih lembut. Ibu bisa gunakan pukulan khusus atau ulekan yang ada di dapur untuk membantunya.

  • Perhatikan cara membubui.

Tidak banyak yang mengira bahwa proses membubui ternyata juga mempengaruhi empuk atau tidaknya daging. Umumnya memang bumbui sebelum dimasak, kandungan asam yang ada pada bumbu bisa membuat daging semakin mudah empuk atau tidak alot. Bukan hanya itu, cita rasa yang dikeluarkan oleh daging juga lebih berbeda.

  • Temperature suhu.

Seperti yang telah dikatakan diatas jika memasak daging memang lebih khusus, trik selanjutnya yaitu suhu yang digunakan pada kompor untuk memasak. Daging yang dimasak dengan temperature yang salah dan terlalu matang akan membuat tekstur kurang bagus dan empuk.

  • Jangan terburu-buru.

Waktu yang tidak sebentar digunakan untuk masakan daging supaya cepat empuk, jadi jangan terlalu terburu-buru. Jaringan daging bisa perlahan hancur dan lembut saat digigit jika Ibu memasak dengan cara yang tepat.

Diatas ada beberapa usaha yang bisa Ibu lakukan untuk membuat daging semakin mudah empuk dan lembut ketika dimakan. Selain dengan cara-cara diatas, ada beberapa hal yang bisa Ibu lakukan lagi dengan menggunakan bahan alami untuk membantu mempercepat proses pengempukkan daging. Mulai dari teh, jahe, air jeruk, garam laut, kopi, mentega dan beberapa jenis bahan alami lainnya. Jika Ibu penasaran bisa langsung mempraktekkannya.

 

Photo by Armando Ascorve Morales on Unsplash