Batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah mendapat pengakuan oleh dunia sehingga musti dijaga dan dilestarikan. Hanya saja meski menjadi kebanggaan bagi masyarakat tanah air ternyata masih banyak yang belum mengenal batik secara detail. Salah satunya dari jenis motif batik yang dimiliki Indonesia, yang ternyata sangat beragam sebab setiap daerah menghadirkan motif yang unik. Motif ini kemudian diketahui memberikan informasi mengenai budaya dari masyarakat daerah asalnya sehingga benar-benar khas.

Berikut merupakan jenis motif batik yang cukup populer dan wajib dikenal sekaligus wajib pula dimiliki untuk menambah koleksi busana di lemari:

  1. Batik motif parang,

Motif batik bernama parang ini dikenal sebagai motif tertua di Indonesia dan menariknya pencipta motif ini merupakan pendiri kerajaan Mataram. Kata parang di dalam batik satu ini memiliki arti sebagai lereng atau pereng. Sehingga tidak mengherankan jika motifnya sendiri nampak miring-miring dan berjejer dari atas ke bawah menyerupai lereng pegunungan. Motif batik satu ini juga umumnya memiliki warna yang cenderung gelap, dan karena motifnya serong maka cocok dikenakan pemilik tubuh berisi. Sebab bisa memberikan kesan ramping bagi pemakainya.

  1. Batik motif mega mendung,

Sepertinya semua orang kenal betul dengan motif batik bernama mega mendung sebab sangat populer dan berasal dari Cirebon. Motif batiknya sesuai dengan namanya yakni membentuk gumpalan awal yang kemudian diberi warna menyerupai langit yang mendung. Seperti warna abu-abu, biru muda, dan juga warna putih. Meski sekilas motif batik ini nampak sederhana dibanding motif jenis lainnya namun ketika sudah berbentuk pakaian akan memberi kesan elegan pada pemakainya.

  1. Batik motif khas Pekalongan,

Salah satu motif batik yang juga sangat populer adalah batik motif Pekalongan dan memang berasal dari kota tersebut. Bahkan Pekalongan sendiri dikenal sebagai Kota Batik, dan disini ada banyak sentra batik bisa ditemukan. Salah satu ciri khas dari batik Pekalongan ini adalah dari warnanya yang cenderung natural dan saling dikombinasikan. Perpaduan beberapa warna kerap dijumpai bahkan tidak sulit menemukan batik Pekalongan yang menghadirkan tujuh jenis warna dalam satu lembar kain batiknya.

  1. Batik motif kawung,

Batik bermotif kawung sebenarnya juga menjadi jenis motif tertua di Indonesia sehingga sangat terkenal dan disukai para kolektor batik. Motif satu ini lebih sering mengambil bentuk bunga yang berasal dari alam, dimulai dari bunga teratai sampai bunga kemuning kecil-kecil. Warna yang digunakan juga cenderung natural meski lebih mengarah ke boldsehingga tidak secerah warna batik khas Pekalongan. Bagi Ibu yang menyukai batik motif bunga tentu sangat cocok menggunakan motif kawung ini.

 

Photo by arief santoso on Unsplash