Memiliki prestasi yang tinggi menjadi impian semua orang dan untuk meraihnya tentu butuh perjuangan yang panjang dan berat. Tak menutup kemungkinan Anda sering dilanda dilema yakni muncul rasa putus asa dan ingin menyerah di tengah jalan. Jika kondisi serupa dialami maka wajib sekali untuk mencari motivasi agar bisa menumbuhkan semangat untuk melanjutkan perjuangan. Motivasi ini bisa ditemukan dari banyak arah, salah satunya dengan melihat prestasi orang lain yang sudah sukses. Seperti melirik prestasi para atlet perempuan Indonesia.

Atlet perempuan di Indonesia memang belum banyak namun beberapa diantaranya sudah menorehkan prestasi membanggakan hingga kancah internasional. Siapa saja mereka? Inilah daftarnya:

  1. Susi Susanti,

Atlet bulutangkis perempuan yang menjadi legenda di Indonesia adalah Susi Susanti, dan sampai sekarang namanya masih harum dikenal anak bangsa. Susi menjadi atlet perempuan dan atlet bulutangkis pertama yang berhasil menyumbangkan medali emas di ajang Olimpiade Barcelona Spanyol setelah selama beberapa dekade Indonesia tak pernah menang sama sekali. Sejak tahun 1992, Susi Susanti kemudian aktif menorehkan prestasinya bahkan menjadi juara di ajang All England sebanyak empat kali.

  1. Alexandra Asmasoebrata,

Alexandra berbeda dengan kebanyakan perempuan pada umumnya, pembawaannya yang tomboy membuatnya akrab dengan ajang balapan sejak umur 12 tahun. Pada usia 12 tahun tersebut Alexandra sudah sering bermain gokart dan setelah memasuki usia remaja mencoba mengikuti pertandingan balap mobil profesional. Pembalap cantik yang sering disapa Andra ini juga tercatat di Muri sebagai atlet perempuan pertama di ajang balapan dan berhasil menyabet gelar juara. Pertama menjadi juara di tahun 2005 melalui ajang 8 Formula Campus di Beijing.

  1. Irene Kharisma Sukandar,

Tahun 2006 sampai 2010 menjadi tahun emas bagi atlet catur wanita pertama Indonesia yakni Irene Kharisma Sukandar. Atlet catur wanita ini menjadi salah satu atlet kebanggaan bangsa Indonesia sebab sukses menjadi juara di ajang catur tingkat dunia. Bahkan sukses menjadi juara selama empat kali berturut-turut melalui ajang Womne’s Chess Championship 2006-2010lalu. Irene juga menjadi wanita pertama yang menjadi juara di Women Grand Chess Master Indonesia.

  1. Elsa Manora Nasution,

Prestasi Elsa Manora memang sudah diketahui dunia di cabang olahraga renang, bahkan mendapat julukan sebagai Ratu Renang di Asia Tenggara. Meski berhijab nyatanya bisa tetap menjadi atlet yang berprestasi bahkan di kancah internasional. Paras Elsa pun cantik, dan secantik prestasinya selama berlaga di ajang Sea Games. Ada banyak prestasi yang Elsa torehkan di ajang olahraga Asia tersebut, mulai dari Sea Games 1991 yang mendapatkan 3 perunggu. Kemudian pada Sea Games 1999 berhasil membawa pulang satu emas dan satu perunggu.

 

 

Photo by morgan sarkissian on Unsplash