Negara memberikan kesempatan berinvestasi dengan instrumen investasi yang telah diterbitkan. SBR seri 008 dan ORI seri 016 adalah beberapa instrumen yang diterbitkan belakangan ini. Investasi SBR Tanamduit dan ORI Tanamduit bisa dilakukan di fintech tanamduit.com. Karena memang Kemenkeu menggandeng tanamduit sebagai mitra distribusinya.

Untuk mengetahui dua instrumen investasi negara ini, Ibu harus memahami beberapa perbedaan yang sekaligus menjadi karakteristik masing-masing instrumen investasi negara, SBR008 dan ORI016.

Perbedaan antara SBR008 dan ORI016

  1. Kupon

Kupon adalah ketentuan pertama kali yang akan dilihat saat berinvestasi. Perbedaan kupon antara SBR008 dan ORI016 menarik untuk dibandingkan. SBR008 memiliki kupon minimal pada 7,20% dan juga kupon mengambang, yang artinya pada saat pembayaran kupon nilainya berbeda-beda. Sedangkan ORI016 memberlakukan fixed rate atau kupon tetap sehingga dari awal hingga akhir tingkat kuponnya tetap pada 6,8%.

  1. Perdagangan surat berharga

Kedua instrumen ini merupakan investasi tanpa warkat atau tidak ada bukti fisik hanya berupa perubahan rekening saja. Yang menjadi perbedaan adalah untuk investasi ORI016 dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan investor domestik, sehingga bisa mendapatkan dana pada saat menjual ORI016. ORI016 tidak memiliki risiko likuiditas besar. Perdagangan bisa dilakukan melalui mitra distribusi (ref: https://id.tanamduit.com/asuransi).

Sedangkan untuk SBR008 merupakan investasi yang tidak dapat diperjualbelikan di pasar sekunder sehingga tidak dapat dilikuidasi hingga masa jatuh tempo. Dapat dikatakan bahwa instrumen ini mengandung risiko likuiditas. Namun, memiliki keunggulan yaitu Early Redemption.

  1. Early redemption pada SBR008

Early redemption hanya terdapat pada SBR008 sedangkan ORI016 tidak memiliki karakteristik ini. Fasilitas ini dimaksudkan bagi investor yang memiliki investasi minimal Rp 2 juta bisa menerima pelunasan pokok maksimal 50% sebelum waktu jatuh tempo. Sehingga

  1. Waktu pembayaran bunga dan jatuh tempo

SBR008 memiliki waktu jatuh tempo yang lebih pendek dari ORI016. SBR008 memiliki jangka waktu 2 tahun dengan pembayaran kupon setiap tanggal 10 per bulannya. Dan diselingi dengan early redemption. Sedangkan ORI016 memiliki jangka waktu 3 tahun dengan pembayaran kupon setiap tanggal 15 per bulannya. Kupon pertama pada ORI016 merupakan long coupon yang dibayarkan di akhir tahun penerbitan.

Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash